Follow Us :              

Pastikan Pelayanan Prima, Sekda Jateng Sidak Samsat Kabupaten Tegal

  25 March 2022  |   07:00:00  |   dibaca : 1022 
Kategori :
Bagikan :


Pastikan Pelayanan Prima, Sekda Jateng Sidak Samsat Kabupaten Tegal

25 March 2022 | 07:00:00 | dibaca : 1022
Kategori :
Bagikan :

Foto : Rinto (Humas Jateng)

Daftarkan diri anda terlebih dahulu

Foto : Rinto (Humas Jateng)

KAB. TEGAL - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Tegal, Jumat (25/3/2022). Sidak yang dilakukan di sela olahraga bersepeda tersebut, untuk mengetahui persoalan dan kendala yang dihadapi petugas, serta memastikan pelayanan yang prima berjalan dengan baik. 

Sekda yang bersepeda dari Kabupaten Cilacap, tiba di Kantor Samsat Slawi kemudian masuk ruang pembayaran pajak dan melihat secara langsung proses pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Selain dialog dengan petugas, Sekda juga berbincang dengan warga yang sedang mengantre. Termasuk mengecek apakah perlu ada perbaikan alur, prosedur atau tidak, dan sebagainya. 

"Kita ingin mengetahui problem-problem di Samsat itu apa, kemudian diidentifikasi dari alur prosedurnya apakah perlu diperbaiki atau tidak. Karena ini kaitannya dengan uang besar, sehingga kita harus memperbaiki tata kelola dan lainnya," terangnya. 

Dari sidak yang berlangsung kurang dari 30 menit itu, tidak ditemukan adanya pelanggaran peraturan yang dilakukan petugas maupun keluhan dari masyarakat atas pelayanan di Kantor Samsat Kabupaten Tegal. Namun Sekda berharap terkait  uang dari para wajib pajak yang masuk Bank Jateng juga bisa langsung masuk rekening bendahara penerimaan. 

"Sehingga saat pelayanan sudah selesai, dapat saling mencocokan Bank Jateng mempunyai data di entre rekening bendahara dan bendahara punya tembusan SKP yang nantinya dicocokan," jelasnya 

Ia mengatakan, ada beberapa pelayanan yang harus lebih ditingkatkan. Antara lain peningkatan sarana dan prasarana, perbanyak titik Samsat Keliling, serta optimalisasi aplikasi "Sakpole", sehingga pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan tanpa harus datang langsung ke Kantor Samsat. 

Usai dialog dengan petugas perihal kendali, prosedur penyimpanan uang yang diterima, serta berbagai kendala dan persoalan yang dihadapi Samsat, Sekda menyapa dan berbincang ringan dengan sejumlah warga yang sedang mengantri di loket pembayaran. Sekda dan warga berbincang tentang pentingnya kesadaran wajib pajak dan adanya pelayanan yang mudah, murah, dan cepat dalam membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat. 

Salah seorang warga, Riski (20), mengapresiasi pelayanan di Kantor Samsat Kabupaten Tegal yang mudah dan cepat. Bahkan, ketika ada syarat-syarat yang kurang lengkap, petugas tidak segan memberitahukan dengan ramah kepada warga, sehingga warga yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. 

"Pelayanannya sudah baik dan gampang. Kalau ada yang kurang lengkap dibantu dijelaskan syarat-syaratnya, sehingga mengurusnya gampang," katanya.


Bagikan :

KAB. TEGAL - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Tegal, Jumat (25/3/2022). Sidak yang dilakukan di sela olahraga bersepeda tersebut, untuk mengetahui persoalan dan kendala yang dihadapi petugas, serta memastikan pelayanan yang prima berjalan dengan baik. 

Sekda yang bersepeda dari Kabupaten Cilacap, tiba di Kantor Samsat Slawi kemudian masuk ruang pembayaran pajak dan melihat secara langsung proses pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Selain dialog dengan petugas, Sekda juga berbincang dengan warga yang sedang mengantre. Termasuk mengecek apakah perlu ada perbaikan alur, prosedur atau tidak, dan sebagainya. 

"Kita ingin mengetahui problem-problem di Samsat itu apa, kemudian diidentifikasi dari alur prosedurnya apakah perlu diperbaiki atau tidak. Karena ini kaitannya dengan uang besar, sehingga kita harus memperbaiki tata kelola dan lainnya," terangnya. 

Dari sidak yang berlangsung kurang dari 30 menit itu, tidak ditemukan adanya pelanggaran peraturan yang dilakukan petugas maupun keluhan dari masyarakat atas pelayanan di Kantor Samsat Kabupaten Tegal. Namun Sekda berharap terkait  uang dari para wajib pajak yang masuk Bank Jateng juga bisa langsung masuk rekening bendahara penerimaan. 

"Sehingga saat pelayanan sudah selesai, dapat saling mencocokan Bank Jateng mempunyai data di entre rekening bendahara dan bendahara punya tembusan SKP yang nantinya dicocokan," jelasnya 

Ia mengatakan, ada beberapa pelayanan yang harus lebih ditingkatkan. Antara lain peningkatan sarana dan prasarana, perbanyak titik Samsat Keliling, serta optimalisasi aplikasi "Sakpole", sehingga pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan tanpa harus datang langsung ke Kantor Samsat. 

Usai dialog dengan petugas perihal kendali, prosedur penyimpanan uang yang diterima, serta berbagai kendala dan persoalan yang dihadapi Samsat, Sekda menyapa dan berbincang ringan dengan sejumlah warga yang sedang mengantri di loket pembayaran. Sekda dan warga berbincang tentang pentingnya kesadaran wajib pajak dan adanya pelayanan yang mudah, murah, dan cepat dalam membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat. 

Salah seorang warga, Riski (20), mengapresiasi pelayanan di Kantor Samsat Kabupaten Tegal yang mudah dan cepat. Bahkan, ketika ada syarat-syarat yang kurang lengkap, petugas tidak segan memberitahukan dengan ramah kepada warga, sehingga warga yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. 

"Pelayanannya sudah baik dan gampang. Kalau ada yang kurang lengkap dibantu dijelaskan syarat-syaratnya, sehingga mengurusnya gampang," katanya.


Bagikan :
Daftarkan diri anda terlebih dahulu