Follow Us :              

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemprov Jateng Luncurkan KIPP Jateng  2022

  24 October 2022  |   13:00:00  |   dibaca : 333 
Kategori :
Bagikan :


Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemprov Jateng Luncurkan KIPP Jateng  2022

24 October 2022 | 13:00:00 | dibaca : 333
Kategori :
Bagikan :

Foto : Bintoro (Humas Jateng)

Daftarkan diri anda terlebih dahulu

Foto : Bintoro (Humas Jateng)

SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meluncurkan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dan New Jaringan Informasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Tengah 2022, Senin (24/10/2022). Kompetisi ini diluncurkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah, Sumarno, sebagai pendorong penyelenggaraan pelayanan publik agar semakin inovatif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

"KIPP ini sebagai media kita untuk mengapresiasi dan mendorong OPD provinsi, kabupaten dan kota, serta BUMD untuk berinovasi. Karena kewajiban ASN adalah melayani masyarakat, sehingga untuk meningkatkan pelayanan perlu berinovasi guna mempercepat akselerasi dan memperbaiki pelayanan kepada masyarakat," ujar Sekda usai acara di ruang rapat Gedung A lantai 2 Setda Jawa Tengah. 

Turut dikatakan dengan terus berinovasi, pelayanan publik akan bisa menjadi lebih baik, lebih cepat, dan mudah. Karena itu, selain event kompetisi, hal yang tidak kalah penting dalam KIPP adalah berinovasi. Inovasi di bidang pelayaan publik menurut Sekda merupakan kewajiban organisasi perangkat daerah (OPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan lembaga pemerintah lainnya, utamannya yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Karenanya, untuk menghadapi berbagai kendala, memperbaiki tata kelola, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik, perlu ada inovasi. 

"Inovasi pelayanan publik di Jateng sudah beragam dan inovatif karena setiap tahun memang selalu berinovasi. Persoalannya, setiap ada masalah dan sudah terselesaikan pasti muncul kendala lagi. Memang inovasi lebih banyak dilakukan di pelayanan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Terutama di rumah sakit dan perizinan," jelasnya. 

Kepala Biro Organisasi Setda Jawa Tengah, Ihwan Sudrajat menjelaskan selain meluncurkan KIPP Jawa Tengah 2022, pihaknya juga  meluncurkan New JIPP (Jaringan Inovasi Pelayanan Publik). New JIPP merupakan website khusus pelayanan publik sebagai sarana pelaksanakan transformasi pertukaran pemikiran terkait inovasi pelayanan publik serta untuk penampilkan apa yang sudah dilakukan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait pelayanan publik. 

Selain itu, tujuan KIPP ini sekaligus untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi penyelenggara pelayanan publik yang inovasinya ditetapkan sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Tengah serta memotivasi penyelenggara pelayanan publik untuk meningkatkan inovasi dan profesionalisme, meningkatkan citra pelayanan publik, serta mendorong keberlanjutan inovasi pelayanan publik. 

"Dalam proses KIPP ini, kami juga memantau implementasi pergub tentang kewajiban OPD untuk menemukan satu inovasi dalam satu tahun anggaran. Kami sangat berharap dengan launching KIPP ini, OPD dan BUMN bisa segera mendaftar dan mengajukan proposal inovasi yang dapat dikompetisikan," jelasnya.


Bagikan :

SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meluncurkan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dan New Jaringan Informasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Tengah 2022, Senin (24/10/2022). Kompetisi ini diluncurkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah, Sumarno, sebagai pendorong penyelenggaraan pelayanan publik agar semakin inovatif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

"KIPP ini sebagai media kita untuk mengapresiasi dan mendorong OPD provinsi, kabupaten dan kota, serta BUMD untuk berinovasi. Karena kewajiban ASN adalah melayani masyarakat, sehingga untuk meningkatkan pelayanan perlu berinovasi guna mempercepat akselerasi dan memperbaiki pelayanan kepada masyarakat," ujar Sekda usai acara di ruang rapat Gedung A lantai 2 Setda Jawa Tengah. 

Turut dikatakan dengan terus berinovasi, pelayanan publik akan bisa menjadi lebih baik, lebih cepat, dan mudah. Karena itu, selain event kompetisi, hal yang tidak kalah penting dalam KIPP adalah berinovasi. Inovasi di bidang pelayaan publik menurut Sekda merupakan kewajiban organisasi perangkat daerah (OPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan lembaga pemerintah lainnya, utamannya yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Karenanya, untuk menghadapi berbagai kendala, memperbaiki tata kelola, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik, perlu ada inovasi. 

"Inovasi pelayanan publik di Jateng sudah beragam dan inovatif karena setiap tahun memang selalu berinovasi. Persoalannya, setiap ada masalah dan sudah terselesaikan pasti muncul kendala lagi. Memang inovasi lebih banyak dilakukan di pelayanan yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Terutama di rumah sakit dan perizinan," jelasnya. 

Kepala Biro Organisasi Setda Jawa Tengah, Ihwan Sudrajat menjelaskan selain meluncurkan KIPP Jawa Tengah 2022, pihaknya juga  meluncurkan New JIPP (Jaringan Inovasi Pelayanan Publik). New JIPP merupakan website khusus pelayanan publik sebagai sarana pelaksanakan transformasi pertukaran pemikiran terkait inovasi pelayanan publik serta untuk penampilkan apa yang sudah dilakukan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait pelayanan publik. 

Selain itu, tujuan KIPP ini sekaligus untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi penyelenggara pelayanan publik yang inovasinya ditetapkan sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Tengah serta memotivasi penyelenggara pelayanan publik untuk meningkatkan inovasi dan profesionalisme, meningkatkan citra pelayanan publik, serta mendorong keberlanjutan inovasi pelayanan publik. 

"Dalam proses KIPP ini, kami juga memantau implementasi pergub tentang kewajiban OPD untuk menemukan satu inovasi dalam satu tahun anggaran. Kami sangat berharap dengan launching KIPP ini, OPD dan BUMN bisa segera mendaftar dan mengajukan proposal inovasi yang dapat dikompetisikan," jelasnya.


Bagikan :
Daftarkan diri anda terlebih dahulu